Smartphone (katanya) SAMSUNG dari Jama’ah Haji dan Umroh

Beberapa waktu lalu, Klinik RankMudo kedatangan tamu yang datang membawa salah satu Gadget (yang katanya) Android. Sekilas, Handheldnya (HH) lumayan versi terbaru dan dari brandmerk terkenal. Lucunya, dikotaknya sengaja ditulis merk GALEXY S5. Bukan GALAXY seperti yang kita sering dengar. Yaa, ini semacam replica kasta kesekian terhadap merk SAMSUNG. Dan ini adalah produk terbaru dari seri terbarunya kelas “High end” Samsung, Galaxy S series. Berikut penampakannya.

image

Ternyata yang siempunya, mendapatkan ini dari orang tuanya yang pulang haji. Duh, benar-benar kasihan. Terlintas di pikiran tentang orang-orang yang sering mengatakan mending beli HP Samsung di mekah atau di Saudi. Murah, sejutaan. Atau terlintas juga ingatan-ingatan tentang anak-anak yang minta oleh-oleh Android Murah Samsung dari Saudi. Ahh, cukup sedih membayangkannya.

Sekilas Tentang HH/ Smartphone

1. Di kotaknya, ada tulisan GALEXY S5 (biasanya GALAXY S5). Walaupun tidak mirip, saya tidak tahu berapa varian yang beredar disana, maklum belum pernah haji/umroh. Ketika di hidupin, keluar booting screen layaknya HH Samsung. Bedanya, meskipun di HP, merk yang tercantum SAMSUNG, tapi di booting screen merknya SAMSUMG. Dan juga menggunakan System kodefikasi Samsung (I9700, penamaan untuk galaxy S5)-pic terlampir-
2. Layarnya naudzubillah. Belum kapasitif, dan saya tak berani menyebutnya touch screen. Lebih tepatnya ini adalah “TAKAN” screen. Yaa, layar nya harus ditekan biar ada respon. Dan ada Bahasa Indonesianyaaaa. Seolah-olah produsennya memang mengincar Jamaah Haji/umroh asal Indonesia.
Karena, ada juga replica yang hanya memuat dua bahasa saja, inggris dan china.
3. Jeroannya, saya tidak dapat info sekilas tentang spek detailnya. Tapi yang jelas, sungguh berbeda jauh dengan mayoritas Smartphone Android, tidak akan kita dapati versi Androidnya berapa, info kernel dan lain-lainnya. Bahkan saya masih meragukan ini HH Android atau tidak. Bisa jadi OS Symbian tampilan ala android😀.
4. Saya coba untuk aktifkan blutut dan mencoba mengirim file installer android berupa file.apk tetapi blututnya tidak terbaca baik dari PC ataupun dari Andorid lainnya. Saya koneksikan via USB port, tetap tidak terbaca. Lengkaplah Sudah, Ini Android SAMSU*G HAU-HAU.

Pelajaran/ Ibroh

1. Berhentilah Meminta oleh-oleh berupa Smartphone SAMSUNG kepada sanak family handai taulan yang mau pergi umroh/haji karena anggapan di Mekkah, Madinah, Riyadh, dll atas nama di Saudi Arabia karena ia lebih murah. Karena dimanapun ia, ketika barang orisinil, mustahil harga bisa 10%-20% dari pada harga dalam negri. Ujungnya bakal kecewa. Karena benar, ada uang ada barang.
2. Saya membayangkan ketika dibelikan hp seperti ini, anak mudanya gak bakalan mau pake hape ini. Apalagi orang Indonesia –meskipun ndak semua- gengsinya tinggi. Harus ambil bagian nyoba gadget versi terbaru. Pasti sedih deh orang tua, family, handai taulan yang beliin di Saudi. (kisaran harga disana sekitar Rp 1.2-1.7jt)
3. Wanti-wanti betul keluarga yang pergi haji/ umroh untuk TIDAK MEMBELI GADGET/ SMARTPHONE kalau tidak paham betul mana yang original dan mana yang tidak. Jangan pernah tertipu harga, dan pikirkan juga layanan pasca jual jika kita membeli disana. Salah satu pertimbangan, system jaringan Negara lain tidak sama dengan Indonesia. Misal LTE 4G di China saat ini belum akan kompatibel dengan jaringan 4G Indonesia karena “main” di frekuensi yang beda.
4. Saya sudah melihat belasan Replika kelas atas HH Samsung, dan jujur replica paling hina kastanya adalah yang rata-rata dibawa oleh jamaah haji/umroh dari makkah / madinah. Pernah juga lihat yang grade AA/ A+ di negri tetangga waktu jadi TKI dlu,*ehh*. Benar-benar supercopy. Orang Samsung saja mungkin bakal bingung buat bedainnya, beda banget dari replica yang ada di Saudi. Sedihnya, apalagi kalau sempat tahu jamaah tersebut menabung untuk berangkat haji/umroh sejak lama, dan dengan umur yang sudah tergolong “berumur”. Semakin membuat kesedihan ini semakin berlapis, sesampainya ditanah air, ternyata anak cucunya tidak mau menerima/ memakai oleh-olehnya. Untuk itu, ingatkan saja bagi keluarga yang kesana untuk tidak terjebak membelinya.

Semoga Bermanfaat…

Nb : posting via hape. Maklumi saja…

7 comments

  1. Sengaja baca ini krn saya lagi di Mekah dan liat galaxy s5 harga 400 real…wah murah banget dan tertarik, sukur dpt artikel ini dan terlupakan apa yg siang tadi terpikir..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s