Membersihkan MISC file / other files di storage HP Xiaomi tanpa Root

Mungkin anda sering mengeluhkan storage HH Xiaomi anda kepenuhan. Misal seperti di gambar ini, dimana “other file” nya berGB-GB. Dan tidak tahu dimana file tersebut bersemayamnya. Sehingga bingung, mau dibersihkan gimana lagi. 

Cleaner dari menu security sudah dilakukan, tapi tidak terlalu signifikan hasilnya. Foto-foto yang banyak sudah mulai disortir, tetapi tidak terlalu signifikan. Kemudian, ketika anda coba cari tutorial untuk membersihkannya, rata-rata mewajibkan device yang telah di root. – rooted-, sedangkan HH anda masih belum pernah dimacem-macemin segala. Akhirnya, solusi terakhirnya anda terpaksa bersabar dan tabah dengan segala keadaan yang terjadi… 😅 

Berikut, tips simpel tanpa anda perlu rooted dll. Cukup nubie2 saja untuk melakukan hal berikut. Caranta simpel, sangat simpel.

1. Koneksikan HH dengan PC/laptop dengan mode transfer file (jangan charging only), kemudian pergi ke lokasi berikut. 

MIUI/Gallery/ – > disana akan anda temukan folder.cache (pake titik). Nah, bisa dilihat properties foldernya. Biasanya, itu salah satu yang besar makan internal storage. Kenapa harus pake PC? Karena folder dengan nama yang dilabeli titik (.) sebelum nama folder, tidak akan terbaca pada file explorer bawaan system sebagaimana di gambar berikut. Makanya harus di root, jika ingin melihat folder tersebut. Namun, jika anda tidak bisa nge root HH nya, karena takut atau bagaimana, maka cara ini bisa dipraktekkan. Setelah dihapus, silakan lihat lagi kondisi internal storagenya. Gimana? 

Lakukan juga pengecekan pada folder lainnya dengan nama yang diawali tanda titik. 

2. Messenger, termasuk salah satu yang memakan storage yang besar. Salah satunya WhatsApp misalnya. Pada folder WhatsApp/database/ akan ada file dengan ekstensi .db yang berisi backup percakapan. Dan ini secara default setiap hari akan membuat bekap yang besar. Semakin lama kita memakai WA di satu device, semakin besarlah ia. Maka hapuslah semua file tersebut, dan tinggalkan satu saja yang paling akhir. Ini hanya untuk berjaga-jaga saja kalau terjadi apa-apa pada HH xiaominya.

 Misal, pada hasil Bekapan chatingan WA saya, sehari berukuran 97MB, maka 10 hari saja akan ada 970MB. Hampir 1GB bukan?? 

Nah,besar kan? Ini beberapa tips simpel tanpa root, ntar ditambah tips lainnya… 😅 Moga bermanfaat. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s