Tips Bermain Games Puzzle 2048

Sekilas Tentang 2048

Games ini tidak terlalu ribet, tidak terlalu sulit. Dan juga Bukan games dengan interface yang “waw”, Yaa kaku. Tapi justru disanalah letak daya tariknya. Games ini ada yang versi PC nya juga, dan itu sudah lama ada. AKan tetapi touch screen membuat game yang dulunya tak banyak dilirik ini mendapat angin segar, mengingat cara bermain yang digeser-geser,. Namanya juga Puzzle 2048. Hhee. Untuk yang penasaran, bisa diunduh gamesnya di playstore Android. klik aja disini

Cara Bermain

Yaa,tidak ada yang sulit dari permainan games ini. Kita akan berhadapan HANYA dengan angka 2 dan perpangkatan 2, dan selanjutnya. dengan kotak 4×4, maka kita bisa menggabungkan angka yang sama dengan “tetanggaan” kotaknya. 2, sebagai angka dasar memulai permainan ini, kemudian bisa kita geser kekiri, kanan, atas atau bawah tetapi dengan syarat ia digabungkan dengan angka 2. Yang belajar perpangkatan, simpelnya begini. 2^1 digabung (kiri, kanan, atas, bawah) dengan 2^1 maka ia akan jadi 2^2 (4). Maka, selanjutnya tantangan kita adalah membuat angka 4 itu menjadi 8 dengan digabungkan dengan tetangganya. Begitulah seterusnya, hingga 16, 32, 64, 128, 256 dst sampai 2048 bahkan melewatinya. Meskipun nama gamesnya 2048, bukan berarti cuma bisa sampe 2048. Bisa terus dilanjut tuh.

Tantangannya Apa?

Maka setiap kita melakukan gerakan puzzle, akan datang angka baru (2/4). Dan game over dari permainan ini adalah ketika 16 kotak (4×4) ini terisi penuh dan tidak ada yang bisa digabungkan lagi kotak dengan tetangganya.

Realita

Kebanyakan yang mencoba menekuni permainan ini berorientasi pada konsep dasar saja. Tidak menjumpai permainan ini dalam esensi. Ceileh, berat nih bahasanya. Iyaaa, mainnya sekedar melihat ooo yang ini bisa digeser ke atas, ooo yang ini bisa digabung ke kiri dan sejenisnya. Otomatis karena tidak memulai dengan langkah strategis, pasti akan berakhir tragis. Smile

Tips Bermain Ala Saya (ijtihad pribadi, pilihan perorangan)

Ini tips pribadi dari saya, berdasarakan pengalaman saya mencoba permainan ini. Bisa benar, bisa salah. Namanya juga pendapat pribadi:

1. Buat titik rujukan

Memang permainan ini, memungkinkan kita menggeser ke semua arah yang kita tuju. Kiri kanan atas bawah. Sekali kita menggeser ke kiri, maka kotak paling kiri akan terisi penuh/ dipenuhkan sebisanya oleh angka-angka yang tersedia, begitu juga setiap kita menggeser ke kanan, atas dan bawah. Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah menjadikan arah orientasi gerak tidak punya kiblat atau rujukan. Saya menyarankan, meskipun ada 4 arah gerak bebas, buat titik rujukan. Misal, rujukan sudut kiri atas. Maka titik sudut kiri atas ini jadi kiblat, acuan kita dalam melangkah

2. Fokus pada Kiblat

Setelah menentukan titik kiri atas sebagai kiblat, maka usahakan titik sudut kiri atas menjadi angka tertinggi, karena ia yang akan dituju. Dengan kata lain, kita sedang mengusahakan ia menjadi posisi angka yang tertinggi dalam semua kotak.

3. Jangan kehilangan kiblat

Yaaa, meskipun kita punya 4 arah gerak, maka gerakan yang berlawan dengan orientasi kiblat harus dihindari sebisa mungkin. Jika  rujukan kita adalah titik kiri atas, maka usahakan sebisa mungkin kita tidak pernah menggeser ke bawah. Titik rujukan yang kita tentukan, menjadikan kita “harus” memiliki satu gerak darurat yang sebisa mungkin tidak kita lakukan. Jika sudut kiri atas adalah kiblat, maka sebisa mungkin menggeser ke bawah adalah sebuah “dosa” besar. Maka, menutup peluang untuk melakukan penggeseran kebawah juga harus dipikirkan pada setiap langkah/ gerakan. Bukan sekedar orientasi jangka pendek, bahwa ini bisa digabung dengan ini, itu bisa digabung dengan itu. Pikiran kita harus bisa lebih cepat melintasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Perhatikan gambar berikut, semoga membantu:

Barisan

Perhatikan, bahwa nilai tertinggi terletak dititik “kiblat”, dan ini orientasi setiap gerakan. Usahakan setiap gerakan ini tidak membuat kiblat berubah letak. Karena berubah letak kiblat ini akan mengacaukan semuanya dengan cepat.

4. Baris1&2 dan 3&4

Baris 1&2 merupakan barisan penyusunan hasil, sedangkan baris 3&4 merupakan baris susun formasi. Usahakan sebisa mungkin baris 1&2 tidak bergerak kecuali mengikuti pola penyusunan hasil. bayangkan apa yang terjadi jika pola itu kita susun seperti berikut ini?

barisan2

5. Angka-angka berdekatan

Jangan biarkan angka2 berdekatan memiliki banyak angka-angka yang besar, atau dengan kata lain, jangan biarkan angka-angka disekitarnya berjarak dua tingkatan dengan angka sekitar (contoh, 2 dan 16), ini berbahaya karena akan memberikan peluang yang besar pada akhirnya “kiblat” bergeser. Dan tanamkan keyakinan dalam diri, setiap titik kiblat tergeser maka langkah-langkah menuju game over semakin dekat. Fokuslah membuat barisan teratur dengan jarak bertingkat seperti lampiran gambar diatas. Gambar diatas setelah beberapa langkah, menghasilkan pola berikut :

Screenshot_2014-09-29-11-45-37

Nah, dilanjutkan pola tersebut sampai semaksimal yang kita bisa.

6. Lucky

Nah, ini point penting. Ada unsur keberuntungan juga dengan kemungkinan angka-angka yang muncul. Kita berharap yang muncul 2, tidak bisa dengan serta merta muncul sesuai harapan. Kadang yang muncul 4. Inilah hal keberuntungan. Dan tetap jangan pernah putus asa. Tetap mencoba, jangan pernah puas. Jangan pernah beranggapan sekali mencoba langsung mendapatkan scor yang tinggi.

7. Game Over

Susunan/ pola angka-angka ketika seseorang game over, menentukan gaya permainannya. Angka yang berantakan, yang besar di tengah, atau angka dua ngumpul dipinggir-pinggir dan banyak, bisa dijadikan bahan evaluasi atas kesalahan gerakan-gerakan yang telah dilakukan. Tampilan ketika game over ini juga kemudian mlihat secara tidak langsung seperti apa strateginya ketika bermain. Ia ibarat hadits “seperti apa seseorang ketika hidup, dapat dilihat ketika ia sakratul maut”.

Yaaa, kurang lebih seperti itu. Ia semacan hadits “Innama a’malu bi khawaatimiha” Sesungguhnya perbuatan itu dinilai dari bagaimana keberakhirannya-.

 

Berikut saya lampirkan beberapa capture screen saya ketika mencoba permainan ini.

Screenshot_2014-07-20-19-37-49Screenshot_2014-07-25-22-33-48Screenshot_2014-07-31-09-10-52Screenshot_2014-08-05-08-11-56Screenshot_2014-08-05-08-21-48Screenshot_2014-08-05-08-32-31

Semua berproses, tetap semangat dan jangan pernah lelah untuk mencoba. Dan jangan terlalu mudah berprasangka buruk, bahwa orang-orang yang bisa lebih baik scornya dari kita pasti menggunakan hack cheat. Jangan… Open-mouthed smile

NB: Maaf baru sempat buatka sharing2 tentang game ini. Ini hanya pendapat pribadi, bukan metode baku. Hati-hati kecanduan. Smile with tongue out

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s