Pulang ke Kampung Akhirat? Lha, Perginya kapan?

Kita berjalan, pergi dan kemudian menutupnya dengan kepulangan. Inilah siklus perjalanan. Kita kan kembali pada titik dimana kita mulai beranjak. Sejatinya begitu. Setiap yang pergi ke Jogja, bakal pulang dari Jogja. Setiap yang pulang dari Medan, pasti sebelumnya telah pergi ke Medan.

Lumrah saja jika kembali mengingat bait-bait petuah orang tua kita, “pai tampak pungguang, pulang tampak muko” (Pergi tampak punggung, pulang tampak muka”). Karena titik kembali itu adalah titik dimana kita memulai. Lantas kita sering mendengar pulang ke kampung akhirat? Perginya kapan? Kok tiba-tiba langsung pulang saja tanpa pernah pergi ke kempung akhirat? Kok ada pulang tanpa pernah pergi? Perginya kapan? Jawaban simpel, bingung dan membingungkan dari saya bahwa perginya di dunia. Pulangnya lah ke kampung akhirat.

“Inilah uniknya kampung akhirat. Kita pulang kesana tanpa pernah sebelumnya pergi dari sana. Penguatan mungkin, bahwa dunia dan akhirat itu adalah sepaket, Bahwa titik kita pergi dari dunia dan pulang ke kampung akhirat adalah titik yang sama, bahwa kita tak boleh “menghijab-hijab” ini tentang dunia dan itu tentang akhirat”

Pengantar catatan, Pergi dan Pulang

Jika pulang adalah tujuan, maka pergi adalah usaha. Karenanya jika kita pulang ke kampung akhirat, berusaha di dunia itu adalah perginya. Bekalnya cari disini. Jika siklus hidup paketan dunia dan akhirat ini ibarat jual beli, Maka mungkin ia sebentuk jual beli kredit.  Dunia ini DP, Angsuran bulanan itu Akhirat. Banyak yang sanggup membeli, tapi tak sampai memiliki. Banyak yang sanggup bayar DP, tak kuat merutinkan kewajiban temporer. Akhirnya, ia membeli tanpa pernah memiliki. Ikut menikmati dunia, tapi tak tahu nak hendak kemana.

Jangan pernah salah, dunia ini rantau dan akhirat itu adalah kampung kita. Rabb, haramkan bagi kami untuk lupa jalan pulang, PadaMu…

 

Rabbana zhalamna anfusana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s