Taqdir Bukanlah Alasan untuk Kita tak Mengambil Pelajaran

Heboh, seheboh-hebohnya yang bisa kita hebohkan. Semua cerita tentang anak kecil yang kecelakaan di tol Jagorawi. Iya, benar. Ia tak luka sendiri. Ada yang lain, lukanya melebihi luka yang ia peroleh. Bahkan, ada yang tak bisa lagi merasakan luka karena telah mati karenanya. Dan kita, heboh-seheboh yang bisa kita hebohkan. Televisi, surat kabar, semua ikut memeriahkan. Mulai dari berita siang, pagi, malam, infotainment, acara gosip. Semuanya.

Tiga belas tahun, ataupun empat belas tahun adalah usia yang terlalu dini untuk miliki mobil. Jangankan memiliki, mengendarai saja sudah terlalu dini saya rasa. Tapi barangkali ini hanya hemat saya saja, Bayangkan, diusia 18 tahun belum dikasih ijin punya sepeda motor. Jangankan punya mobil, mengendarinya saja belum bisa Open-mouthed smile. Pun kalau bisa, nggak tahu juga bakalan punya. Heeh.

Enam korban tewas, dan orang-orang yang mencintai korban yang tewas adalah juga korban. Korban kecerobohan, korban kesalahan, korban kesombongan (bisa jadi). Mereka adalah korban.

Dan pada akhirnya, satu hal yang miris kita adalah ketika kita harus dengar closing statement (gini ya tulisannya?) keluarga asbab, Ini taqdir Allah. Qadrullah. Semua Allah yang atur, tak bisa kita menyalahkan siapa-siapa saja. Kita salahkan saja kita semuanya, kita tanggung bersama. Aih, astaghfirullah.

Ambillah pelajaran sebisa yang kita ambil. Petiklah hikmah sebisa yang kita petik. Kutiplah iktibar sebisa yang kita kutip.

Semoga Allah berkahi kita semua, terkhusus korban dan keluarga korban.

-Taqdir bukanlah alasan untuk kita tak mengambil pelajaran-

david satria

Bilik OB, 13 september 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s