Pacu Itiak

Heeh, ini salah satu perlombaan terunik yang pernah ada. Pacu Itiak, –itik, bebek-. Ia bukan seperti pacu kuda atau karapan sapi, yang ditunggangi atau ada joki yang mengendalikan. Sekali lagi bukan seperti itu. Ini unuk, aneh, langka dan asset budaya mahal. Ini, salah satu picnya misalnya, menarik bukan?

 

idea_490_584_1361730798,8902_Pacu_Itik

Ada satu hal aneh lagi yang membuat ia semakin menarik. Bahwa penentuan juara bukan ditentukan oleh siapa yang paling cepat sampai difinish layaknya balapan lainnya. Bukan, sekali lagi bukan. Tujuannya adalah agar “itiak” ketika mendarat pertama kali, dicarilah sesiapa yang paling dekat ke garis finish. Ini bukan tentang sesiapa yang duluan, bisa mencapai garis finish. Bukan juga tentang sesiapa yang paling lama bertahan diudara. Bukan. Ini tentang aturan lain, tentang sesiapa yang paling dekat ketitik finish, titik tujuan. Jika ada dua “itiak” sama jarak pendaratannya ke titik finish, maka juara adalah hak yang paling awal.

Ya, hidup kadang seperti pacu “itiak” . Bukan tentang sesiapa yang dluan mati yang paling sukses. Atau tentang siapa yang lama bertahan hidup tanpa menyentuh tanah. Bukan, sekali lagi bukan. Ini tentang tujuan, targetan dan aturan. Siapa yang paling dekat menginjakkan kakinya pada tujuan yang hendak dicapai.

Yaa, sekali lagi Hidup ini seperti pacu “itiak”, tentang kompetisi. Kadang, kita harus kembali mengingat bahwa tak semua balapan dinilai dengan siapa yang duluan sampai di garis finish. Tapi dengan cara apa ia bisa sampai ke finish. 

Kethuilah kriteria pemenang, anda takkan pernah kalah -david satria-

 

bilikOB, akhir juli 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s