Antara Sarung dan Karung

Ali terkejut, seseorang telah mengkritiknya tentang kenyamanan dalam pemerintahannya. Dengan membandingkan dengan pemerintahan sebelumnya, khalifah yang mulia Abu Bakar dan Umar. Kami dengar dan rasakan begini2 ketika zaman Abu Bakr dan Umar, sementara kami begini begitu dizamanmu.

images

Ali hanya tersenyum dan kemudian menjawab ringan saja, bahwa dizaman (Abu Bakr dan Umar) orang-orangnya sepertiku, sedang dizamanku orang2nya sepertimu Open-mouthed smile

Inilah jalannya, tak bisa disamakan. Itulah zamannya tak bisa disetarakan. Tiap waktu punya tantangan2 tersendiri, punya rupa-rupa beban tersendiri.

Semirip dan nyaris serupa sekalipun, tetap tak bisa disamakan. Semisal mengkomparasikan sarung dengan karung. Tak bijak saja. Meskipun sama punya ruang, sama punya celah tetap saja ia beda. Fungsinya beda, dipakainya beda, yang masuk kedalamnya pun beda.

Bahkan pada nama yang hampir sama sekalipun semisal sarung dan karung tadi. beda S dan K saja, sehuruf saja. Tetap saja ia tak sama. Meskipun hanya beda2 dikit, S huruf kedua dari kiri, dan K huruf kedua dari kanan. Meskipun ia sama-sama dua dari pinggir, tetap saja ia tak sama Sekali lagi,tetap saja, ia tak sama. Beda!

Dakwah, karakteristiknya punya jalan yang panjang. Bahkan bisa jadi ia lebih panjang dari jatah umur kita. Dijalan yang panjang itu, ruang waktu menjadikannya punya dinamika tersendiri. Wajar saja Ali RA, dengan sedikit guyonan memberikan jawaban bahwa tidak bisa disamakan lagi dengan Abu Bakar RA dan Umar RA.

Saya rasa guyonannya itu adalah jawaban tegas, bahwa setiap zaman punya tantangan tersendiri. Berhentilah bernostalgia, dulu begini, dulu begitu. Sekarang begini sekarang begitu. Kita bukan dilahirkan untuk hidup dimasa lalu, tapi disiapkan untuk masa ini dan masa yang akan datang.

Kullu zamanin ‘ala musykilatuha

–setiap zaman punya permasalahan tersendiri-

-Salam, Kamar OB- ini catatan untuk diri saya pribadi

Makanya tak pernah diijinkan balapan karung pake sarung

images

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s