Batik Budaya

Batik adalah lahan sengketa, lahan dimana klaim kepemilikan menjadi -keharusan- bagi bangsa tetangga.  Kemudian kita memenangi, dan batik telah pulang kampung, kerumah asalnya Indonesia. Semoga batik tak lagi nyasar dan disasar tetangga, baik tetangga dekat ataupun tetangga jauh kita.

Dengan latar belakang inilah, bertambah hari besar nasional. Cuma sayangnya pemerintah tak mau menjadikannya hari libur “eleh”. Hari batik nasional. Semua memakai batik, ngantor, ngampus, ngandroid dll. Yagn penting ada unsur batiknya, terserah apakah ia batik china, bahkan -kalaupun ada- batik arab sekalipun tak masalah. Yang penting berbatik.

 

Kemudian, atas nama kepedulian pada budaya bangsa, semua dipaksakan ‘membatik’. Fashion show, modifikasi motor, dan lain2 yang bisa dibatikkan akan dibatikkan. Kemaren, liputan berita tentang fashion show batik dengan peragawati mengenakan batik melenggang lenggok di catwalk, dengan pakaian yang -maaf- tak layak pakai, Kemudian dengan senangnya mengatakan saya turut bangga berpartisispasi dalam event ini, sebagai bahagian ikut dan turut berpartisipasi dalam menjaga dan mengawal budaya bangsa.

Kliseeeee, sayang ia tak sadar bahwa budaya malu yang telah ia buang jauh, jauh lebih berharga dari warisan budaya batik yang ia cemaskan akan hilang. . 

Pada tingkat terakhir kesedihan pada kecemasan akan hilangnya budaya bangsa -semisal batik- kadang kita lupa pada budaya yang seharusnya kita benar-benar takuti ia kan hilang. Jika pakaian batik kita hilang, masihlah ada yang menjualnya. Jika pakaian malu yang telah hilang, mau kita cari dimana yang menjualnya…

 

-bilik OB-

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s