Shaf Laki-laki dan Wanita

Pada sebuah perenungan main-main, saya akhirnya mendapatkan analisis yang utuh (versi saya) tentang baisan dalam shaf sholat. Yaaa, tentang barisan sholat berjamaah, ada perbedaan yang mencolok dari struktur barisan shaf laki-laki dan shaf perempuan.

Kita kan jumpai, barisan normal yang diajarkan seperti ini. Imam – makmum lelaki dewasa – makmum laki-laki anak-anak-makmum perempuan anak-anak – makmum perempuan dewasa.

Pernahkah kita bertanya, kenapa susunan shaf jamaah wanita dan perempuan berbeda? Kenapa pada laki-laki, jamaah dewasa didepan jamaah anak2? Sebaliknya jamaah wanita yang anak2 didepan jamaah dewasanya? Kenapa tidak sama saja? Wallahualam.

Tapi bagi saya pada perenungan main-main sebelum tidur, saya mendapatkan hikmah saja, bahwa ini menjadi pelambang tentang menjaganya. Yaa, menjaga anak-anak, apakah itu lelaki ataupun perempuan.

Kalaulah kemudian anak-anak yang sholat jamaah lebih identik dengan keributan, gurauan dan main-main maka tugas yang dewasa lah untuk kemudian menjaga jamaah anak-anak, baik lelaki ataupun perempuan.

Lantas, barisan yang beda antara jamaah laki-laki dan perempuan memberikan kesimpulan, -pribadi- bahwa menjaga anak wanita jauh lebih payah dari pada menjaga anak lelaki. Hingga anak wanita harus diposisikan didepan jamaah dewasanya, beda dengan jamaah anak lelaki yang harus dibelakang jamaah dewasa.  Tapi ini hanya klesimpulan pribadi, meskipun secara tuntutan banyak yang tidak melaksanakan pola shaf seperti ini.

Hanya pada satu inti saja, bahwa menjaga anak wanita jauh lebih sulit dari pada menjaga anak lelaki. Wajarlah ada pepatah wanita seperti telur, -terbentur sedikit saja bakalan retak-, lelaki seperti kelapa. -terhempas keras tak masalah- Sepertinya.

*catatan sambil menuntaskan menguap yang ke 47 dalam 3 jam* hoaahhmm.
Salam Keberkahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s