Risalah “Manas”

Sebuah catatan pendek sebelum mengukur panjang tilam.

Hanya mengingat sedikit saja kenangan masa kecil, ketika bermain bersama. Ketika menjumpai sore di pekarangan masjid, bermain “mancik2, sipaktekong” -petak umpet- atau sebangsanya. Atau ketika bermain bersama mengisi waktu sore di pekarangan masjid, Kenangan luar biasa diatas semua permainan yang katanya sekarang sudah ketinggalan jaman, tergilas masa.

Pada setiap lintasan permainan itu, satu kata yang kemudian sering terlisankan tak sengaja, ataupun sengaja. Dan bahkan hari ini, bisa jadi ia masih menjadi tren. Manas, – ijin sebentar, istirahat sejenak, undur diri, Bahasa Indonesia, red- . Masih ingat kan? Iya, itu adalah ungkapan untuk mintak ijin sebentar dalam permainan, tanpa keluar dari permainan.  Dengan arti kata, ia bukan Enceng  ala medan. (keluar, berhenti total, tak melanjutkan lagi")

Ternyata saya (baru) menyadari sebuah ayat Alqur’an yang kemudian ada kata Manas nya. Wallahualam, bisa jadi penafsiran yang kurang tepat. Tapi ini hanyalah ala saya saja. Hanya Ala Saya Saja!

Alqur’an Surat Shaad, ayat ke 3, yang berbunyi :

 

manash

Artinya:

“ Betapa banyaknya umat sebelum mereka yang Telah kami binasakan, lalu mereka meminta tolong padahal (waktu itu) bukanlah saat untuk lari melepaskan diri”

Hmm, itu tuh, yang di bold kan kurang lebih risalah/ asal usul kata manas. Ini bukan manas2in lho. kalau itu lain lagi. Kalau kemudian kita gali, sepertinya tak sedikit bahasa-bahasa minang yang berasal dari bahasa Arab. Kurang lebih mirip kan dengan penggunaan manas/ manash yang sering digunakan dalam permainan jaman anak2 dlu. kalau sekarang, di PS smuaaaa..

Ayo, coba gali yang lain lagi. mana tahu masih banyak tyang lain yang kita belum bisa ungkap.🙂

NB : Kamar Inspirasi RankMudo Corp ™ , Menjelang Sepertiga Ramadhan. Menjumpai wanita berhati syurga, ditanah keberkahan, Kota Biru. Tak ada cerita Manas  darimu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s