Trikul

Sebuah Kisah lama, kisah penuh kenangan mendalam.

Ini adalah kisah kami, pada diskusi pasca ujian agama dikala SMA dulu. Salah satu soal yang paling berkesan itu, adalah, tentang juz 30. yaa, juz Amma. Juzz dengan surat terbanyakl.  Pertanyaan dalam lembaran soal itu adalah, Berapa jumlah surat pada Juz 30 yang diawali dengan kata Qul (katakan)? Pertanyaan mudah memang. Tapi saya salah. hehe, memalukan. Benar2 memalukan. Saya jawab 3 (tiga). Kalau anda, jawab berapa? Karena ini adalah soal choice (pilihan berganda). Kira2 begini contoh soal yang kami perdebatkan setelah ujian:

–> Berapa surat kah dalam juz Amma yang dimulai dengan kata katakanlah –Qul-?

A. 3 Surat

B. 4 Surat

C. 5 Surat

D. 6 Surat.

Dengan pedenya saya langsung jawab A. 3 Surat, yaitu tiga surat terakhir dalam AlQur’an. Al Ikhlas, Al Falaq, dan Annas. Ini karena dilatar belakangi kebiasaan untuk menyebut ayat favorit yang dibawa dalam sholat *ketahuan. Semuanya disingkat dengan TRIQUL. Makanya langsung bunuh opsi A. Dan ternyata Salah. Jawaban yang benar itu adalah B, 4 surat. Duh, sedikit kesal dah. tapi semakin kesal karena ada kawan yang benar jawab 4. Kawan dekat lagi. Duh, makin kesal (baca:iri) deh. Saya mengurai lagilah, ternyata ada yang kurang. Ada surat Al-Kafirun ternyata. itu lho, Qul yaa Ayyuhal Kaafiruun… Jadi totalnya 4..

Benarlah kawan dekat ku itu. Ketika ku cek yang 4 itu padanya, ternyata tiga yang kujawab di akhir Al Qur’an dia juga ketahui. Trus, ketika kutagih yang satu lagi, ia nya jawab : Surat Attakatsur. Kan bunyinya katanya Qul yaa Ayyuhattakatsur.. Hehe, tertawalah kami. Sedikit membuatku lega. Nah? Lho? #kataorangakupantangkalah.🙂

Tapi bagaimanapun, kawan dekat ku ini benar. Walalupun 4 yang dimaksudnya itu salah, tp karena soalnya choice ia tetap benar..

DSC_0828

=========================================================

*) Sebuah catatan kerinduan, untuk Salah satu anugerah terindah, Sahabat-sahabat terbaik. Di Padang, Depok, jkt, Yogya, Bogor, Payakumbuh,  dll

**) Sepertinya, ini jadi pelajaran bahwa kita harus lebih mengkarabkan diri dengan Al Qur’an.🙂

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s