Nyamuk, Kita dan Kebahagiaan

Nyamuk dan Kita

Nyamuk makannya apa? Atau nyamuk minumnya apa? Dan mungkin kita sepakat bahwa kita adalah korban nyamuk. Dengan probosisnya, ia bisa menyedot darah kita dan meningglkan bekas gatal dan kadang perih pada permukaan kulit kita. Kemudian memerah, dan semakin gatal. Ada banyak fakta yang saya akan coba sedikit bagikan disini tentang hubungan kita dan nyamuk. Setidaknya, kalau ia bukan fakta baru, minimal mengulang kaji lama.

1. Nyamuk, tidak tau rasanya digigit nyamuk. Makanya, kita juga harus memahami bahwa tidak boleh kesal kalau digigit nyamuk. Karena belum pernah mencoba rasanya digigit nyamuk, maka wajarlah kemudian ia merasa tak bersalah menggigit kita. Mungkin

2. Nyamuk, tidak pernah saling gigit dan saling sikut sesama nyamuk. Sepertinya, nyamuk tidak dapatkan darah seperti yang ia dapatkan pada manusia kalau ia mengigit saudaranya.

3. Ketika kita digigt nyamuk, dan ternayata nyamuknya berhasil dibunuh, maka setidaknya itu akan mengurangi rasa sakit yang ada pada kita. Ini tak lain dan tak bukan karena dendam kita terbalaskan. #opini saya saja.

4. Nyamuk, memang ditakdirkan menghisap darah manusia. Kalau kemudian ada suplemen makanan yang bisa menggantikan posisi dara kita bagi nyamuk, tentu ia tak lagi akan menggigit kita. Karena, sebenarnya nyamuk paham betul bahwa, ia tak ingin disakiti, dan tak ingin menyakiti.

5. Bagi nyamuk, menggigit kita adalah keharusan untuk tetap bisa bertahan. Sedangkan bagi kita, membunuh nyamuk juga mungkin dengan alasan untuk bisa juga bertahan.

Nyamuk, Kita dan Kebahagiaan

Bagi nyamuk, sepertinya mengigit kita adalah kebahagiaan. Dan bagi kita, mengigit nyamuk (balik) tentu bukan kebahagiaan. Hehe.. Masing-masing punya format kebahagiaan yang ia bisa setel. Sejauh parameter yang ia bisa pandang. Bagi nyamuk, “membunuh” kita adalah kewajiban. Dan bagi kita, mengqhisas balik nyamuk adalah hak-hak kita. Itulah kebahagiaan, dengan memperhatikan bahwa nyamuk dan kita punya format kebahagiaan yang bertolak belakang.

Bedanya, hanya saja pada satu hal, bahwa nyamuk kemudian sepertinya tidak akan dievaluasi dengan format kebahagiaan yang ia jalankan. Beda dengan manusia, bahwa semua akan dievaluasi. Nyamuk, setidaknya barangkali ditakdirkan bahwa format kebahagiaan dia berinteraksi dengan yang lain, harus juga mengorbankan kebahagiaan yang lain.  Dan sepertinya nyamuk tak lagi punya pilihan lain. hehe, sotoy.com.

Nyamuk kemudian juga untuk menunaikan format kebahagiaan, ia harus mempertaruhkan yang termahal yang ia punya untuk bisa mewujudkan. Apalagi kalau bukan nyawanya. Dan kita tidak seperti itu.

Format kebahagiaan lain, yang saya baru bisa dapatkan atas interaksi dengan nyamuk adalah membiarkannya menggigit, kemudian memfotonya. aneh kan? hee, nih..

nyamuk

*) catatan tak jelas, bingung tah kemana rahnya.🙂 harap maklum…

7 comments

  1. darah manusia bukan makanan atw minuman bg nyamuk. utk bertelur nyamuk butuh protein n protein it ia ambil dr darah, drah manusia , kerbau kambing atw ayam.jd darah hanya utk keperluan bertelur dmi mmprtahankan jenisnya.makann nyamuk sampah sprti sampah daun or dll. o ya 1 lg tntg nyamuk,nyamuk yg ktanya hrus bertelur diair akan mati jika kena air ketika ia bertelur.KATANYAAA .KEBENARANNYA BUKTIKAN SENDIRI

  2. Apapun alasannya tetap gak suka dengan nyamukkkkk…………

    N masih mempertanyakan untuk apa fungsi nyamuk diciptakan selain sebagai pelengkap peran di rantai makanan……?________??

  3. memang lah betul tak jelas… pening awak bacanya, sampe berkerut2 kening…
    ckckck… habis makan nasi keqnya nih..😀

  4. nyamuk ndak menggigit do da david. emang nyamuk py gigi?

    @ semasa > salah satu manfaat nyamuk diciptakan. yg py blog (da david) banyak mengambil ibroh dr nyamuk😀. lah salasai lo ciek tulisan berkisah ttg nyamuk. keren nyamuk yo muk😉
    ha, bs2 kalah dari nyamuk nih. tdk bs dibiarkan🙂

  5. @semasa
    Hmm, coba bayangkan, kalau seandainya tak ada nyamuk, berapa puluhan ribu orang yang bekerja pada perusahaan obat nyamuk pasti akan kehilangan pekerjaan.🙂

    @aurora
    Saya ja pun pening. hee, nasi panjann hanya untk kondisi darurat saja. :p

    @email90
    Karena dilagu jaman anak2 dlu, adanya digigit nyamuk. Klw dihisap, nggak familiar tuh bunyinya. Ibu tuti ibu tutio mau tidur, kalau tak tidur “digigit” nyamuk🙂
    Tu, uraian dari email90 makin menjelaskan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s