Behel…

Seseorang telah bertanya tentang hukum memasang behel padaku. Akupun sepertinya juga bingung untuk menjawabnya. Maklum anak teknik yang belum kelar ST ,bukan ahli fiqh. Hanya bisa sarankan tanya pada yang faqih (paham). Cuma bisa jawab pake timbangan pribadi saja. Terserah, apakah ia menjadi sebuah catatan galau atau tidak. Hanya bisa menyarankan timbangan boleh atau tidaknya berdasarkan timbang2an anak teknik. Berikut ulasan singkat tentang dunia2 perbehelan:) :

1. Alasan, Medis atau Modis?

Tanya pada hati nurani, apakah ia tuntutan medis atau tuntunan modis. ikut2an, atau kemudian. Kalau kemudian ada alasan keduanya dalam niat, maka tanya lagi, tuntunan mana yang lebih kuat mendasari. Kalau mungkin alasan modis, sepertinya tidak ada salahnya dianjurkan untuk mengurungkan niat. Takutnya, yang diharapkan tak terwujud. Malah, makin parah.

Kalau kemudian memang alasan medis yang membuat kita merasa butuh memenjarakan gigi kita, tanya lagi hati kita. (hehe, kebanyakan tanya). Apa benar kita butuh, apa selama ini kita terganggu? Dan jujur, bagi saya parameter terganggu itu, agak sedikit ekstrem. (teknik bo’). Kalau misalnya, ketika memasukkan helm fullface kemudian ia tersangkut di gigi2 kita yang offside, sepertinya dia memang perlu dipagari. Tapi kalau kemudian ia hanya masalah katakteraturan, tak masalah. Kadang ditakteratur itu letak menariknya, kadang…

2. Dn

Apa itu dn? Dono temannya kasino? Ah, nggak, ntar ada yang tersindir pula. dn aka DANA. Memenjarakan gigi, bukan memenjarakan batu. Gigi, hidup dan tumbuh. Maka butuh pemeliharaan. Kalau kemudian memberatkan, tentu ini menjadi timbangan kedua setelah timbangan medis atau modis.

Demikian ulasan singkat,bukan dari tinjauan fiqh, kalau dari fiqhnya, banyak tuh ust2 berpendapat. Ini hanya koak2 anak teknik saja. Bisa benar, bisa jadi nggak salah.🙂 Wallahua’lam.

9 comments

  1. patang ado lo nan mananyo….
    *kayaknyo urangnyo samo e….
    tapi wak yo ndak setuju masang behel klo lah ndak bisa pke helm…
    tu ajaran sesat tu mah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s