Tidur Setelah Subuh*

Uang itu seperti hati batang pisang.  Dipotong, maka makin baguslah tumbuhnya. Dipotong, makin bagus lah naiknya keatas. Rezeki itupun juga seperti itu, dibagi pada yang lain maka ia akan bertambah. Setiap orang, sudah ada takarannya. Kalau ia tidak mau berbagi, maka rezekinya tak kan bertambah.

Rezeki, seperti itulah ia. Datangnya harus dihormati.  Yang jelas, jangan sampai kedatangannya tak dihormati, Seperti, tidur setelah subuh. Sudah jelas rezeki akan datang, kita malahan enak2 tidur lagi. Sangat tak beretika menantinya seperti itu. Makanya nasib hidup ini terasa pahit. Tak menghargai yang maha pemberi rezeki. Mana mungkin hidup akan senang, kalau adab kita seperti itu.

Sedangkan orang lain saja memberi rezeki, dan kita tidur, maka kita tak akan mendapat –namanya aja tertidur- . Apalagi ini kita perbuat pada yang maha pemberi rezeki. Memang keterlaluan. itulah, kukatakan dengan sungguh2, bahwa malang benar nasib kita kalau seperti itu.

Hai buyung. Bagunlah, masih tidur juga kau!. Sudah habis uang disikat china, sedangkan kau masih juga tidur. Rezeki habis dipatok dan dikasi ayam. Kapanlah kau bisa membangunkan ayam untuk berkokok ha? Kalau sempat kau membangunkannya, pastilah ayam itu kan keheranan. “Apakah aku tak salah lihat”, kata sang ayam sambil mencuci mukanya. Atau ayam akan mencubit tengkuknya sambil bertanya-tanya, apakah aku tidak sedang bermimpi?

“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya”
HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 1693

Suatu tindak ketakberadaban, ketika ada yang memberi kita rezeki, kemudahan, nikmat, namun kita menyambutnya dengan pulasnya tidur kita. :)

*) Terjemahan dari Lalok Siap Subuah. Sebuah seruan tentang memuliakan pagi dan yang menciptakannya..

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s