Kawan dan Lawan…

— satu lawan lebih dari cukup

kawan sepenuh dunia masih kurang —

Apa kemudian dari fisik kata kawan dan lawan yang kemudian membedakan? Hanya satu huruf konsonan awal. L dan K, atau K dan L. Sesekali cobalah kita teliti pasangan kata yang berlawanan ini. Saya rasa inilah kata-kata yang berlawanan yang mempunyai paling dekat kemiripan struktur fisiknya dibandingkan dengan padanan kata yang lainnya. Semisal hitam-putih, baik-buruk,iya-tidak, atas-bawah, gelap terang dan lainnya. Maka kita akan mendapati bahwa memang tidak ada pasangan kata lainnya, yang akan punya kemiripan struktur fisik seperti kemiripan pada kata kawan dan lawan.  Yaa. Hanya antara hruf K dan L.

Ada dua yang menarik dari perenungan malam ini, (seeehh, perenungan).

1. Dalam pembuatan 2 kata tersebut, huruf pembedanya terletak berdekatan, antara L dan K. Apakah di keyboard komputer yang QWERTY, ataukah pada hape, baik hape qwerty maupun candybar. Keduanya terletak berdekatan. Jadi, ketika kita mmbuat pada kibor qwerty, maka ketidak tepatan menekannya, akan menjadikan kawan menjadi lawan, atau bahkan lawan menjadi kawan. Kesalahan bertindak kita, akan otomatis merubahnya. maka pelajaran pertama, tingkah laku kitalah yang kemudian memberikan warna atas sebuah interaksi. Kalau kemudian kita amati pada input candybar (batangan, satu tombol 3 huruf, abc-def-dst), maka, huruf K dan L juga akan kemudian bisa terganti hanya karena kelebihan dalam menekannya. Pelajaran kedua,Terlalu banyak menekan, berharap, bertindak, akan kemudian membuat kawan akan serta merta menjadi lawan. Maka, berikan porsi yang pas untuknya.

2. Ternyata, huruf K dan L, juga dalam susunan alfhabet berdekatan. I-J-K-L-M-N.ini memberikan penekanan kepada kita bahwa, yang akan jadi kawan dan lawan kita, biasanya adalah yang memang punya hubungan dekat. Secara kepentingan mungkin, secara keterwakilan, atau secara apa, yang bahkan sayapun sulit untuk membahasakannya..

Maka,  kawan kita, maka wajar dan lumrahlah kemudian mereka berganti posisi. Kawan menjadi lawan, dan lawan menjadi kawan.  Belakangan, mungkin potret situasi politik  negeri ini jadi miniaturnya. Dan sungguh, jauh sebelum ini, hal tersebut sudah ada. Seperti kisah khalid bin walid  dengan metamorfosisnya yang sempurna pada kebaikan.

Maka, kawan itu sejatinya penjelmaan, bukan hadir. Dan penjelmaan, akan bisa berubah kebentuk dasarnya. Itulah mungkin, kenapa menjaga penjelmaan itu adalah sebuah keniscayaan..

Kerana kawan tiada lagi
Yang ada hanyalah di jalanan
Kerana kawan tiada lagi
Yang ada hanyalah di jalanan. – Dunia yang Sepi, Hijjaz-

*inilah jadinya, kalau anak teknik sok bicara sastra. So, nikMATI saja.🙂

8 comments

  1. aseeeehhhh,,,curcol ini mah,,,curhat colongan…hehehe,,,
    yupp,,,menanggapi poin 1, semua ada porsinya masing2, jangan dikurangi dan jangan dilebihkan, berikan porsi yang pas untuknya.
    *aik dis…

  2. @lawan
    Contoh real dari ulasan diatas. Ada lawan yang datang kesini. Sudah jadi lawankah? Atau jangan2 kemaren2 lawan, sekarang udah jadi kawan. Ntahlah..🙂

    Yup yup yup
    😀
    * is refers to T?
    kan kan kan..

  3. Lawan tetaplah lawan,,,
    karna mendapatkan porsi yang pas maka tetaplah menjadi lawan,,,
    tak ingin berkawan

    yayaya,,,* refers to T or L,,,piliah ma nan katuju

  4. kawan arek,, lawan barek

    hmmmm……

    banyak yang sudah menjadi lawan seiring bergantinya waktu,
    namun tak sedikit juga yang menjadi kawan.

    hidup ini memang adil, disaat ada yang menjadi lawan dan ada juga yang menjadi kawan.

    boleh jadi, kawan yang menjadi lawan ini tak senang dengan sesuatu yang ada pada kita, dan itu biasanya dihubungkan dengankelebihan, dan boleh juga jadi lawan yang menjadi kawan adalah metamorfosis dari apa yang dia harapkan,

    ntah lah……. BOJI DEN(Modus da Rangga) maaf yo da…

    tapi kalaulah bisa…..

    tetaplah jua kawan itu menjadi kawan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s