Gelar-menggelari..

Tak ubahnya dengan kematian orang besar sebelumnya, bangsa ini disibukkan –lagi– dengan gelar-gelar pahlawan.  Setelah kematian, semuanya muncul untuk memberikan  gelar pahlawan.  Aneh juga tentunya, apalagi kalau memang sampai orang-orang yang ditinggalkan menjadi bertikai hanya masalah sebuah gelar. Dan sedihnya lagi, yang digelari tidak pernah menikmati gelarnya. Kasihan..

Yang menikmati gelar ini siapa?

Kadang, saya menjadi berpikir, bisakah sebuah gelar besar –semisal, gelar pahlawan– diberikan ketika seseorang itu hidup. Karena bisa jadi, yang digelaripun tidak nyaman dengan gelarnya. Atau bahkan merasa tidak layak. Bisajadi.  Sehingga, setidaknya bangsa ini punya pertimbangan awal, atas kebersediaannya dengan gelar yang menempel padanya. Kadang, disinilah anehnya. Bangsa kita,. dengan budaya pengkultusan tingkat tinggi, menjadikan sebuah gelar itu menjadi tak berharga.

Parameter sebuah Gelar?!

Kemudian, ternyata bangsa ini tidak punya sebuah parameter baku yang bisa menjadikan seseorang mendapat gelar besar –terkhusus, gelar pahlawan–. Sepertinya budaya taklid buta menjadi tunas yang tumbuh subur untuk menjadikan pahlawan semakin tidak berharga. Apalagi, kalau kemudian orang-orang hanya berpatokan, gelar pahlawan hanya lahir dari sebuah banyolan, gurauan dan joke2 lainnya.  Saya takut, nantinya pengikut Su*e, Aziz G*gap, dan sebangsanya, sepeninggalnya juga ingin menjadikannya pahlawan. Berapa banyak pahlawan kita seratus tahun mendatang? Mungkin semakin payah mengingat namanya, apalagi jasa-jasanya.Hmm…

Lantas??

Gelar, baik atupun buruk dari manusia, lantas tidak kemudian menjadikan kebaikan ataupun kepada sipemilik gelar. Apalagi ketika yang diberi gelar sudah mati. Dan Allah, tentunya tidak akan terpengaruh dengan gelar-gelar yang digelari oleh ciptaanNya juga kepada ciptaanNya.

*ditengah persiapan diri, untuk mendapatkan gelar *T, semoga sesegera mungkin. Amiin

One comment

  1. in progress to achieve *T degree… its such a long time *whispering. Berarti lai nio jo gelar *T yo…? BTW you need to catch up, faster would be better…. *sending a prayer…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s