Merajuk, Ngambek cs…


Merajuk, bahasa Indonesia khas Medan. Terjadi karena adanya kekecewaan tentunya. Atau tidak sesuai antara harapan dan kenyataan. Atau jauhnya idealita dengan realita. Sehingga lahirlah merajuk. Ataupun kalau dalam bahasa Indonesia Yang memang Indonesia 😉 (Merajuk, bahasa Indonesia Lokal..Hh), merajuk lebih dikenal dengan ngambek..Sifat ini akan tampak dalam aktivitas bersama, aktivitas jamaah. Kepanitiaan atau apapun aktivitas jamaah.. (selain sholat jama`ah Tentunya)

Tinjauan Bahasa..

Baik Merajuk ataupun Ngambek, sebenarnya bukan berasal dari bahasa Indonesia. Kedua kata tersebut merupakan bahasa saduran dari bahasa luar yang telah dimodifikasi atau mengalami adaptasi. Merajuk misalnya, berasal dari bahasa arab kalee..😉 .Yakni dari kata rujuk.. Kembali!! Kalaulah diartikan dalam terminologi bahasa Indonesia, Mungkin kembalinya sifat kekanak-kanakan, jauh dari realitas kehidupan.

Nah, sementara itu, ngambek, juga merupakan bahasa Saduran dengan proses yang juga sama. Telah diadaptasi dari kata asalnya. Ngambek, berasal dari bahasa Inggris, back.. Artinya belakang, kalaulah dikaitkan lagi, mungkin kembali ke masa belakang..hehe. Kurang lebihi, artinya stama denganr rujuk..

Karena  kedua kata diatas saduran, berarti sikap tersebut juga sikap saduran. Bukan budaya asli Indonesia (hh..Enaknya ngambil kesimpulan). Jadi sebagai Muslim Negarawan, ambillah budaya asli bangsa Indonesia. Dan buanglah budaya2 saduran. Salah satunya, ngambek, merajuk cs dan sebagainya.. Dan sedikit real lah dalam bersikap. Karena sikap cerminan kepribadian..

4 comments

  1. ni ana kutip…
    ” Jadi sebagai Muslim Negarawan, ambillah budaya asli bangsa Indonesia. Dan buanglah budaya2 saduran. Salah satunya, ngambek, merajuk cs dan sebagainya.. Dan sedikit real lah dalam bersikap. Karena sikap cerminan kepribadian..”

    ada yang mesti dikoreksi nie…
    kasihan dong yang gak muslim negarawan….coz nasehatnya cuma buat muslim negarawan🙂

    wah…kayaknya ada potensi jadi dosen bahasa indonesia….

    btw, tu tadi bahasa khas medan “merajuk”
    bahaso minangnyo apo???

  2. ada juga merajuk dalam sholat jamaah. Misalnya, kalau seseorang tidak suka dengan imamnya atau ayat kepanjangan bisa-bisa mengulangi sholatnya atau minimal keluar batuk-batuk sebagai nada protes dari ayat yang kepanjangan..he..he..

    tapi maerajuk…menyesal juga ujungnya. sambil mikir kok aku merajuk tadi ya…😉

  3. huaaaa, pacarku suka merajuk😦
    apa yang harus aku lakukan?!
    kerjanya merajuk mulu..
    MERAJUK MERAJUK MERAJUK MERAJUK MERAJUK..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s