“Ramadhan, Kaderisasi Maksimal atas Amal-amal”

Ramadhan, menyimpan energy yang luar biasa. Bisa menundukkan nafsu perut yang lapar, menjinakkan mata yang kadang liar, memelihara telingan dari segala sesuatu yang didengar. Yah.. Begitulah Ramadhan. Punya energy, punya power. Kalaupun kita memperhatikan, amal-amal begitu mudah dan ringan dilakukan pada bulan Ramadhan. Entahlah.. Apakah karena iming-iming “azas pelipatgandaan” pahala. Atau karena sugesti bahwa setan diikat dan pintu neraka ditutup. Barangkali bolehjadi iya..

Kalaulah amal-amal misalnya diibaratkan target dakwah, maka Ramadhanlah bulan terbaik atas kaderisasi amal-amal itu. Bayangkan, amal kecil, sedang dan besar sekalipun semuanya ringan, tanpa beban untuk dilaksanakan. Semuanya amal akan ngikut bak kata orang, nempel kayak prangko. Ibarat Tangguak Rapek, Semuanya terbawa. .. Kaya, miskin, semua akan jadi pemurah. Tua, muda, semuanya saling menghormati.

Kalaupun dalam dakwah, rekrutmen bukanlah akhir dari tujuan, maka begitu juga dengan Bulan Ramadhan. Maka kaderisasi harus diikuti oleh Follow up yang mumpuni. Follow up yang berhasil atas amal-amal Ramadhan adalah adanya kelanjutan dari amal-amal tersebut dibulan lainnya. Masih ada sebelas bulan lagi. Syawal, dan sampai nantinya kembali lagi Ramadhan selanjutnya. Maka pemeliharaan amal-amal yang telah berhasil direkrut oleh Ramadhan sangatlah penting. Sama pentingnya dengan penjagaan kader dari pada penambahan kader tanpa ada penjagaan.

Dua pertiga Ramadhan telah kita lalui, semoga kaderisasi atas amal-amal telah maksimal kita lakukan. Karena tidak ada jaminan kita masih bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun depan, bahkan dengan Ramadhan esok hari sekalipun.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang Telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan” [al hasyr: 18]

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s