Mahasiswa, Jelas Beda, Beda Jelas!!

Berbicara tentang nama, maka erat hubungannya dengan fungsi dari nama tersebut. Misalnya kompor, yang fungsinya untuk memasak. Jika kompor tersebut tidak dapat lagi berguna sesuai dengan fungsinya, maka benda tersebut bukan kompor lagi. Mungin kita lebih senang menyebutnya barang botot, atau sebutan khas, Sagalo Buruak. Itulah sedikit tentang benda yang namanya berkaitan langsung dengan fungsinya. Jika fungsi dari benda tersebut tidak lagi sebagaimana mestinya, maka tidak tertutup peluang nama benda tersebut juga akan berganti.

 

Sekarang kita akan bercerita tentang mahasiswa.( nggak nyambung ya? Tapi nanti insya Allah nyambung koq). Menurut saya, fungsi mahasiswa ada dua. Pertama, fungsi keatas. Yaitu mahasiswa mempunyai fungsi stategis dibidang POLITIK sebagai sosial kontrol dari kebijakan-kebijakan pemerintah. Kedua, mahasiswa mempunyai fungsi SOSIAL / kebawah, yaitu sebagai abdi masyarakat. Dan kedua fungsi ini akan berkolaborasi yang pada akhirnya ada keharmonisan antara fungsi keatas (Fungsi Politik ) dan fungsi kebawah ( Fungsi Sosial). Inilah mahasiswa menurut saya. Jelas Beda, Beda jelas!!

 

Nah, sekarang ceritanya udah agak nyambung nih sama cerita kompor tadi. Antara benda dan mahasiswa, ada kemiripan. Seseorang disebut mahasiswa apabila ada kedua fungsi diatas.[ini menurut saya..] seperti layaknya kompor diatas..(betul khan, nyambung ceritanya? )

 

Lalu kalau tidak ada fungsi tersebut bagi seseorang yang secara status akademiknya adalah mahasiswa, maka…Kembali lagi dech pada cerita kompor diatas. Artinya, ya nggak mahasiswa dunk. Dan saya lebih senang menyebutnya dengan gelar ANAK SMA KELAS IV [Empat]. Atau, kalaupun kita merujuk kepada KBK(Kurikulum Berbasis Kompetensi), Yeah jadi anak kelas XIII [Tiga Belas] dink!!.

 

Ini adalah opini saya, anda berhak setuju atau menolaknya. Tapi yang jelas, kedua lini utama bangsa (Sosial dan Politik) menunggu kontribusi anda kalau memang anda betul-betul mahasiswa. Seolah zaman mengangkat dagunya untuk menantang dan menunggu persembahan dari kita, jika kita memang benar mahasiswa..[]

 

Bergeraklah, karena (kata orang) diam bisa mematikan!! Hidup Mahasiswa!!

 

 

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s